10 Oktober, Kota Malang Akan Deklarasikan Destinasi Wisata Halal

Salah satu unggulan tempat wisata Kota Wisata Batu. (Foto:gomuslim)
Malang - Kota Malang beberapa hari ini tengah bersip untuk menjadi salah satu destinasi wisata halal. Hal tersebut diungkapkan Walikota Malang Sutiaji, Kamis (4/10).

Menurut Sutiaji, dengan adanya destinasi wisata halal, diharapkan semakin banyak lagi pelancong yang berkunjung ke Kota Malang.

Persiapan menuju destinasi wisata halal, lanjut Sutiaji, sudah memasuki tahap akhir. Pihaknya tengah merampungkan persiapan beberapa destinasi kuliner dan hotel.

Dengan rampungnya persiapan itu, diharapkan pada 10 Oktober mendatanga dapat dideklarasikan Kota Malang sebagai Destinasi Wisata Halal.

Gagasan untuk menjadikan Kota Malang sebagai destinasi wisata halal sudah dua tahun lalu dirintis. Namun, dalam perkembangannya, Kota Malang kalah bersaing dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk destinasi wisata halal.

Lebih lanjut disebutkan Sutiaji, destinasi kuliner halal di kotanya lebih ditekankan pada kuliner vegetarian. Menu vegetarian ini merupakan menu tanpa daging, dan pemerintah bersama pihak terkait memastikan bahwa tempat kuliner itu sudah bersertifikasi halal. Selain itu, kuliner itu harus aman dan sehat.

Sementara itu, untuk hotel halal, minimal di setiap kamar ada petunjuk arah kiblat dan Al Quran. Sutiaji menyebut bahwa hotel halal itu bukan hotel syar'i.

Selain tempat kuliner hotel, di Kota Malang untuk destinasi wisata halalnya juga ada di Mal dan pasar tradisional.

Hingga kini, Indonesia sudah memiliki beberapa destinasi wisata halal. Tempat tempat itu adalah Aceh, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Sumatera Selatan.  (Hw)


Tidak ada komentar