PB Pengusaha Berkarya Bantu Atasi Dampak Kabut Asap

Kabut asap di wilayah Sumatera Selatan mengharuskan pengendara ekstra hati-hati dan menjara kondisi badan
Palembang - Kabut asap mulai mengancam di sebagian wilayah Sumatera Selatan, termasuk Kota Palembang. Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir, menjadikan asap memasuki Kota Palembang.

Akibat dari kabut asap itu, udara di Palembang pun tercemar. Bila dilihat Indeks Standar Pencemaran Udaha (ISPU) kini mencapai 151-150 mikron per gram. Hal itu berarti udaranya tidak sehat.

Sementara itu, menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Kenten Palembang Nandang Pangaribowo mengutarakan, naiknya ISPU itu lantaran belum adanya hujan. Kemarau yang berkepanjangan juga menyebabkan kekeringan di berbagai daerah.

Kebakaran hutan yang terjadi di Ogan Komering Ilir, Muara Enim, dan Ogan Ilir serta beberapa lahan lainnya belum berhasil dipadamkan.

Melihat kondisi tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Pengusaha Berkarya (PBPB) Rahmat, SH mengatakan pihaknya sangat berempati atas kejadian tersebut. Melalui Rahmat Center, calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan sumatera selatan 2 ini mengungkapkan, selain kondisi lahan juga yang mudah terbakar, juga kesadaran masyarkat akan bahaya lingkungan juga belum tertanam dengan baik.

Lebih lanjut diutarkan Rahmat, apabila ada warga yang bermaksud untuk menyampaikan Aspirasi maupun bantuan terkait bencana asap ini dapat menghubungi Rahmat Center. (Hw)

Tidak ada komentar