Bank Syariah Indonesia Resmi Beroperasi

Bank Syariah Indonesia hari ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (1/2/2021). Foto : Ist.

Jakarta -
Akhirnya Indonesia memiliki bank syariah pelat merah terbesar. Ya, bank hasil penggabungan dari BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri (BSM) resmi beroperasi hari ini, Senin (1/2/2021).

Ya, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI/BRIS) resmi beroperasi sebagai entitas baru pada hari ini, Senin (1/2/202). Peresmian Bank syariah terbesar di Indonesia dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Direktur Utama BRIS Hery Gunardi menjelaskan bahwa merger tiga bank BRIsyariah, BNI Syariah dan BSM telah dilaksanakan sejak Maret 2020 atau memakan waktu selama 11 bulan.

"Nama BSI dipilih karena kami ingin BSI menjadi representasi Indonesia baik nasional maupun global. Logo merepresentasikan 5 sila Pancasila dan 5 rukun Islam," ujar Hery.

Dia menjelaskan pada Desember 2020, BRIS memiliki total aset Rp 240 triliun dengan pembiayaan Rp 157 triliun. Bank ini mengelola dana pihak ketiga sebesar Rp 210 triliun dan modal inti Rp 22,6 triliun,.

"Bank Syariah Indonesia punya lebih dari 1.000 kantor cabang dan 20 ribu karyawan. BSI akan jadi bank terbesar peringkat ke 7 berdasarkan total aset," ujar Hery

"Kami sadar tugas kami bukan hanya gabungkan tiga bank ini, tetapi juga transformasi seperti perbaikan proses bisnis, risk management, sumber daya insansi dan penguatan teknologi digital.

"BSI berkomitmen untuk mejadi lembaga perbankan yang melayani masyarakat. BSI akan menjalankan sesuai prinsip syariah," ujarnya.(SET/AL)


Tidak ada komentar