http://www.bankdki.co.id/en/product-services/layanan/modern-banking/jakone-mobile-bank-dki

Pesona Keindahan Bawah Air di Umbul Ponggok Klaten

Pesona Umbul Ponggo di Kabupaten Klaten yang kini menjadi destinasi primadona di sana. Foto:Ist.
Klaten - Bagi anda yang gemar menyelam, tentu Raja Ampat atau Bunaken menjadi destinasi wisatanya. Namun, siapa sangka di sebuah Desa di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, terdapat objek wisata eksotif dengan penataan pemandangan bawah air tawar yang cocok untuk memberikan petualangan tersendiri bagi anda yang hobi fotografi. 

Ya, objek wisata itu dikenal dengan Umbul Manten, yang merupakan salah satu mata air yang indah di Klaten ini menjadi tempat wisata baru yang keberadaannya sudah mulai dikenal dikalangan luas. Kejernihan airnya yang seperti kaca menjadi ciri khas tempat ini, dengan kedalaman yang hanya mencapai 1,5 m membuat pengunjung yang tidak mahir berenang bisa mendatanginya dan merasakan sensasi kejernihan serta kesegaran mata air ini. 

Terletak di Desa Janti, Kecamatan Pulanharjo, pengunjung dapat menemukannya dengan mudah. Tempat wisata di Klaten. Umbul Manten menjadi salah satu pilihan lain jika mengunjungi Kecamatan Pulanharjo.

Selain Umbul Manten, ada satu mata air yang menjadi tujuan wisata andalan di Klaten yakni Umbul Ponggok. Sama seperti Umbul Manten, lokasi Umbul Ponggok satu kecamatan dengan Umbul Manten yaitu di Kecamatan Pulanharjo. Disini pengunjung dapat menikmati keindahan dan kesegaran air yang berasal dari mata air alami dengan segala fasilitas yang ada. 

Pesona umbul Ponggok bagi penyuka fotografi. Foto: Instagram
Bedanya dari Umbul Manten, fasilitas di Umbul Ponggok sengaja dibuat untuk menarik minat pengunjung karena memang dikembangkan secara menyeluruh oleh pengelola. Dengan wisata utamanya sebagai wisata pemandian Umbul Ponggok dan tempat untuk snorkeling. Tempat wisata Umbul Ponggok baru dibuka dan dikelola langsung oleh BUMDesa Tirta Mandiri yang keberadaannya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dahulu.

Umbul Ponggok memiliki panjang kolam 70 meter, lebarnya 40 meter, serta kedalaman mulai dari 1,5 meter sampai 2,5 meter, membuat lokasi ini menjadi tempat yang baik untuk berenang, bahkan kegiatan snorkeling. 

Dasar kolam di Umbul Ponggok yang penuh bebatuan, pasir putih dan ikan warna-warni yang hidup di dalamnya membuat lokasi ini menjadi pilihan tersendiri bagi yang menyukai kegiatan underwater. Seperti halnya kegiatan snorkeling, dan bisa dikatakan bahwa tempat ini merupakan pilihan bagi yang ingin belajar snorkeling dan menjadi salah satu tempat snorkeling di air tawar.

Karena keindahan yang ada, banyak diantara pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi prewedding atau sebagai lokasi fotografi biasa. 

Umbul Ponggok underwater menjadi nilai jual tersendiri, karena didalam air pengelola menyediakan beberapa properti untuk berfoto, mulai dari kursi taman, pot berisi bunga, bahkan sepeda motorpun ada disini. 

Properti diletakkan dan ditata sedemikian rupa sehingga keberadaannya terkesan alami tanpa mengurangi keindahan yang ada. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus datanglah saat pagi atau sore hari, jam 07.00 sampai 09.00 WIB atau jam 14.00 sampai jam 16.00 WIB. Karena cahaya matahari sedang berada di samping kolam, sehingga hasil foto yang ada akan semakin bagus. Dan datanglah saat hari kerja agar tidak terlalu padat.

Akses ke Lokasi Mudah
Dengan tarif murah dan fasilitas lengkap. Foto: Instagram
Umbul Ponggok lokasinya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Untuk mencapai lokasi sangatlah mudah, baik dari Klaten sendiri maupun dari Kota lain. Jika pengunjung berasal dari Jogjakarta bisa menuju kota menuju Terminal Penggung, sesampainya di terminal, pengunjung harus menuju ke lampu lalu lintas pertama untuk belok kiri kemudian lurus mengikuti jalan yang ada hingga menemukan Koramil di Kiri jalan. Disitu terdapat pertigaan, ambil kanan dan lurus terus sampai 2 km dan pengunjung akan menemukan lokasi.
Jika berasal dari Solo, bisa melewati jalan lintas Solo-Jogja yang melewati Kandang Menjangan Kopassus, lokasi ada di sebelah kanan jalan. Umbul Ponggok Klaten lokasinya tidak jauh dari jalan utama. Dengan Umbul Ponggok alamatnya yang mudah dijangkau menjadikan tempat wisata ini sebagai pilihan bagi yang ingin berlibur. Bagi yang terbiasa menggunakan aplikasi bisa mencari dengan mengetikkan Umbul Ponggok Map atau Umbul Ponggok Klaten Map, hasil yang akan didapat tidak jauh dari keterangan tadi.
Seperti wisata pada umumnya dengan pengelolaan yang sudah profesional, wisata Klaten Umbul Ponggok juga menyediakan fasilitas yang akan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dan betah untuk tinggal atau bahkan kembali ke sini.
Disini, pengelola menyediakan kolam yang besar untuk snorkeling dan juga ada kolam kecil yang sengaja dibuat untuk anak-anak atau dapat dikatakan kolam khusus. Ada juga tempat penyewaan pelampung dan alat renang, karena tidak menutup kemungkinan pengunjung yang datang ada yang tidak bisa berenang.
Untuk fasilitas lainnya, pengelola juga menyediakan tempat duduk dan ruang ganti yang letaknya di sebelah kolam. Untuk ruang ganti sendiri dikelola warga sehingga perlu membayar untuk menggunakannya.
Ada mushola tetapi tidak dalam satu kawasan, kurang lebih 20 meter untuk sampai. Selain itu juga terdapat warung makan yang menyediakan berbagai menu, mulai dari mie, nasi, minuman panas bahkan gorengan yang panas ada juga disini. Untuk gorengan panas harganya Rp. 1.000 dan minuman panas mulai dari Rp. 5.000.
Murah Meriah Tarifnya 

Kegiatan Prewedding pun terasa lain di Umbul Ponggok. Foto: Instagram
Untuk menikmatinya, pengunjung cukup membayar Harga Tiket Masuk (HTM) Umbul Ponggok sebesar Rp. 15.000. Tiket Umbul Ponggok yang ada belum termasuk perlengkapan snorkeling dan kamar ganti.
Untuk pengunjung yang menginginkan harga paket wisata Umbul Ponggok cukup membayar Rp. 30.000,00 sudah mencangkup alat snorkeling dan foto underwater hanya berlaku dari hari Senin sampai Jum’at.
Paket alat snorkeling yang meliputi selang nafas dan kaca mata disewakan dengan harga Rp. 13.000,00. Sedangkan untuk pelampung dewasa membayar Rp. 7.000, sementar untuk pelampung anak-anak membayar Rp. 5.000. Sewa kaki katak seharga Rp. 6.000.
Biaya untuk menyewa kamar mandi di sana seharga Rp. 2.000, untuk kamar ganti cukup Rp. 1.000,00. Untuk kegiatan foto underwater, bagi yang tidak memiliki kamera khusus, pengunjung dapat menyewa kamera underwater disini dengan harga Rp. 60.000 selama 30 menit atau Rp. 100.000 untuk 1 jam peminjaman.
Bagi yang ingin melakukan sesi foto sebelum acara pernikahan atau yang lebih kita kenal dengan prewedding, di sini ada spot foto underwater Umbul Ponggok yang memadai dan keindahan yang ditawarkan, pastilah tidak akan mengecewakan pengunjung.
Untuk pemotretan prewedding, di sana terdapat tim khusus. Dengan berbagai paket yang ditawarkan, bagi pengunjung yang berminat bisa langsung datang ke lokasi untuk bernegosiasi.
Bagi anda yang berasal dari luar daerah dan ingin menginap, beberapa penginapan yang ada di dekat Umbul Ponggok, diantaranya: 
  • Hotel Prambanan Indah yang terletak di Jl. Candi Sewu No. 08 Klaten. Disini menyediakan beberapa pilihan kamar sedang harga yang berbeda, dimana ekonomifun dibandrol dengan harga Rp. 188.234 untuk satu malam. Twin Bed AC seharga Rp. 352.941, dan Double Bed AC seharga Rp. 423.529 untuk satu malamnya.
  • D’Sawah yang terletak di Desa Kalikotes Rt.02/Rw.02, Klaten. Satu kamar untuk satu malam dipasang tarif Rp. 300.000.
  • Hotel Grand Tjokro Klaten, di Jl. Pemuda Selatan No. 42, Klaten. Disini menyediakan beberapa kamar seperti superior room seharga Rp. 500.000 untuk satu malam, ada juga superior room breakfast seharga Rp. 560.000 satu malamnya dan deluxe room breakfast seharga Rp. 660.000 satu malam.
Begitu lengkap bukan fasilitas yang ada di Umbul Ponggok maupun Umbul Manten di Klaten. Silahkan dating untuk menghilangkan penasaran anda. (AN)

Tidak ada komentar