http://www.bankdki.co.id/en/product-services/layanan/modern-banking/jakone-mobile-bank-dki

Penggunaan Masker Dianjurkan Tidak Lebih dari Empat Jam

WHO sudah merekomendasikan masker kain dipergunakan warga tidak hanya yang sakit. Penggunaan masker dianjurkan tidak lebih dari empat jam. Masker dicuci setelah sebelumnya direndam dengan air sabun. Foto : Ist
Jakarta - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat semua pihak khawatir. Apalagi di tengah informasi yang simpang siur dan ada yang hoax, masyarakat cenderung menafsirkan sendiri kondisi yang dialaminya. Simak saja beberapa waktu lalu ada video amatir yang viral menggambarkan dua orang berbelanja dengan alat pelindung diri (APD) selayaknya dokter yang menangani pasien Covid-19.

Apalagi masih banyak pula perilaku yang tidak terpuji dari oknum yang menimbun masker sehingga langka di pasaran dan harganya pun mahal. Belum lagi soal minimnya APD bagi dokter yang menangani pasien Covid-19.

Menyikapi fenomena ini, pemerintah menghimbau agar masyarakat tak perlu khawatir dan khusus untuk pemakaian masker, masyarakat dihimbau untuk tidak mempergunakan masker N95. Masker ini khusus diperuntukkan bagi tenaga kesehatan yang menangani kasus Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker bedah atau masker kain, demi mencegah penularan virus corona. Hal ini sesuai dengan rekomendasi terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO. Semua harus menggunakan masker bedah atau masker kain. Dan ingat, masker N95 hanya untuk petugas kesehatan," ujarnya dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (5/4/2020).

Penggunaan masker, kata Yuri tidak terlepas dari temuan kasus-kasus positif corona tanpa gejala atau asymptomatic. Alhasil, masker menjadi salah satu alat pelindung diri (APD) yang wajib dikenakan oleh semua orang. Tak hanya pada orang sakit. Bagi mereka yang terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, juga diminta untuk menggunakan masker.

Terkait hal ini, Yuri menyarankan penggunaan masker kain yang dapat digunakan berulang kali. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

"Masker kain itu bisa dicuci, tapi penggunaannya tidak lebih dari 4 jam. Kalau mau dicuci harus merendam di dalam air sabun, supaya virus-virus atau bakteri yang menempel mati," tegasnya.

Sementara itu, data terakhir yang dikeluarkan BNPB per hari ini (5/4) pukul 12.00 WIB, total kasus positif COVID-19 menyentuh angka 2.273 kasus, dengan 164 orang dinyatakan sembuh, dan 198 orang dilaporkan meninggal dunia.(RP/OK)

Tidak ada komentar