http://www.bankdki.co.id/en/product-services/layanan/modern-banking/jakone-mobile-bank-dki

Anak Akidi Tio Kini Terancam Terjerat Penipuan Bisnis

Heriyanti, anak Akidi Tio, pengusaha Sumatera Selatan yang akan menyumbang Rp 2 trilyun, namun diduga bohong. Kini dia juga terjerat dengan dugaan penipuan bisnis dengan seorang dokter.

 


JAKARTA - Anak pengusaha Akidi Tio, Heriyanty, masih menjadi sorotan publik setelah viral akibat rencana pemberian sumbangan penanganan COVID-19 mencapai Rp2 triliun. Kali ini, sorotan masuk ke babak baru, yaitu terkait utang Rp2,3 miliar kepada seorang dokter di Palembang, Sumatera Selatan.

Kabar utang Heriyanty itu dibagi oleh Siti Mirza Nuria, sang dokter yang mengaku menjadi korban dugaan penipuan anak Akidi Tio tersebut.

Siti yang berprofesi sebagai dokter kandungan itu mengisahkan utang itu berawal dari rencana kerja sama bisnis ekspedisi dengan Heriyanty yang dikenalnya dari almarhum suaminya, Emir Rasyid, yang pernah berbisnis dengan Gunawan, kakak Heriyanty.

Dari kerja sama itu, Siti memberikan investasi senilai Rp600 juta sebagai modal awal ke Heriyanty. Aliran investasi itu kemudian memberi imbal hasil sekitar 10 persen sampai 12 persen per bulan dari Heriyanty.

"Karena selalu memberi bagi hasil akhirnya saya terus menambah investasi hingga Rp1,8 miliar. Tapi Januari 2020 sudah tidak ada lagi ngasih (hasil bisnis) sampai dia terakhir pinjam Rp500 juta untuk bayar pajak kendaraan ekspedisi," ungkap Siti belum lama ini.

Dengan begitu, totalnya ada utang sebesar Rp2,3 miliar yang tak pernah dikembalikan Heriyanty kepadanya.

Dia sempat mengancam ingin melaporkan Heriyanty ke Kepolisian bila tidak juga membayar utangnya, namun belum jadi dilaporkan karena Heriyanty pernah berjanji bakal membayar utangnya bila uang warisan cair.

Dia mengaku kasihan, sehingga belum jadi melaporkan Heriyanty ke polisi. Di sisi lain, dia mendengar kabar bahwa keuangan keluarganya sedang terpuruk di tengah kasus sumbangan COVID-19 Rp2 triliun. "Saya juga nanti ribet kalau laporan, harus meluangkan waktu," katanya.

Kendati begitu, klaim utang itu dibantah oleh Rudi Sutadi, suami Heriyanty. Sebab, istrinya tidak pernah berbisnis dengan Siti.

"Hoax. Ya (tidak ada hubungan bisnis)," ucap Rudi saat dikutip CNN Indonesia.

Sementara Siti menilai Rudi hanya berusaha menghindar dari aduan yang akan dibuat dirinya terkait utang Heriyanty, makanya ia membantah klaim utang itu. Padahal, ia mengklaim utang itu benar-benar ada, bahkan ada saksinya.

"Kalau saya mau buat pengaduan, banyak sekali saksinya. Malahan ada orang bank, pengusaha jual-beli mobil, dan lain-lain. Ya, nanti tergantung pengacara saya saja," jawab Siti. (HW)

Tidak ada komentar